equest72 Blog

Friday, September 29, 2006

Pilot Pollution

Gangguan Pilot Pollution akan muncul dalam jaringan spektrum tersebar (spread spectrum) karena pada dasarnya, dalam teknologi spektrum tersebar setiap sektor di dalam sel menggunakan frekuensi yang sama (sebagai perbandingan dalam GSM, setiap sektor memiliki frekuensi yang berbeda).

Dalam satu sel, ada tiga sektor yang disebut dengan Alpha, Beta, Gamma (hal yang sama juga di dalam GSM), lihat ilustrasi kiri. Untuk bisa membedakan antara satu sektor dengan sektor yang lainnya, maka tiap sektor memiliki Pseudorandom Number (PN) Code. PN inilah yang akan menggunakan pendekatan matematis yang disebut sebagai konvolusi untuk memberikan layanan bagi Mobile Station (MS) yang masuk dalam cakupannya. Sel akan mencari MS dengan nilai konvolusi yang terbaik (yang paling mendekati nilai ideal, yaitu 1).

Karena tiap sel memiliki frekuensi yang sama, maka kunci dari spektrum tersebar adalah manajemen frekuensi, yang diberi notasi Ec/Io, dimana Ec adalah Energi Pilot dari satu sektor dan Io adalah energi total yang diterima oleh satu Mobile Station. Standar nilai Ec/Io adalah dibawah -16 dBm (-4 dBm lebih baik daripada -10 dBm). Bila seorang pelanggan bergerak menjauhi sebuah sektor, maka nilai Ec/Io dan konvolusinya dengan sektor tersebut akan memburuk, maka sektor tsb akan memutuskan untuk melakukan hand off (atau hand-over) ke sektor lain (bisa intra-sel, bisa ekstra-sel). Dalam ilustrasi kanan, sebuah MS mendapat sinyal dari dua sektor (PN=248 dan PN=46), dan berdasarkan pendekatan matematis konvolusi, MS dilayani oleh PN=46.

Pilot Pollution akan terjadi, bila satu MS menerima 3 atau lebih PN yang aktif. Mengenai mengapa hal ini bisa terjadi, di luar cakupan dari tulisan ini (mungkin klo sempet saya tulis lagi). Pada intinya, bila terdapat lebih dari 3 PN yang aktif, maka MS akan kebingungan, siapa sebenarnya yang melayani dia. Ini seperti seorang nasabah yang masuk ke bank mendapati ada lebih dari 3 kasir, dan tidak ada kejelasan kasir mana yang lebih dominan untuk memberikan pelayanan kepadanya (makanya ada nomor antrian). Solusi untuk masalah ini mencakup manajemen PN dan rekayasa RF.

1 Comments:

  • Artikel yang menarik dan bermanfaat,..
    Ada beberapa hal yang saya belum mengerti yang ingin saya tanyakan kepada penulis.

    Kenapa maksimal pilot dibatasi 3, agar disebut tidak pilot pollution?. ada kah penjelasan kenapa hanya 3?

    Apakah pilot yang dimaksud disini ada yang tergolong aktive set atau juga pilot dari neighbour juga termasuk dalam golongan 3 pilot yang diharuskan tadi?

    mungkin itu pertanyaan saya. Terimakasih atas artikelnya, dan juga jawabannya.

    By Anonymous Anonymous, at 3:57 PM  

Post a Comment

<< Home