equest72 Blog

Saturday, September 30, 2006

Komunitas Pro-Am

Komunitas gabungan antara para professional dan amatir. Kedengarannya biasa aja. Tapi, setelah saya mencoba melihat-lihat di Wikipedia dan Fotografer.net (disingkat FN), saya jadi terkesima. Begitu kuatnya komunitas yang dibangun oleh kedua kutub ini. Pada akhirnya, saya yakin bahwa komunitas ini lah yang akan membentuk dunia di masa depan.

Munculnya komunitas Pro-Am tidaklah akan menjadi sehebat sekarang tanpa adanya Internet, dimana komunikasi menjadi sangat efisien, walau pun tidak ada pertemuan. Sebagaimana dijelaskan oleh Chris Anderson, bahwa supernova yang terjadi pada tahun 1987, diamati dan dikonfirmasi oleh profesional dan amatir di bidang astronomi, di belahan dunia yang betul-betul terpisah... Temuan-temuan mereka mengkonfirmasi bahwa telah terjadi supernova pada 168.000 tahun yang lalu (saya sendiri sudah mencoba membuat artikel di Wikipedia: spektrum tersebar).

Sebagai fotografer yang baru memulai, saya masih perlu belajar banyak, setelah diperlihatkan oleh seorang teman, maka saya ikut mendaftar di FN. Dari sana, saya belajar banyak tentang dunia fotografi (yang ternyata menyenangkan juga..!). Saat ini, saya sedang menabung untuk bisa memiliki lensa ultra wide untuk keperluan fotografi.

Lahirnya komunitas Pro-Am jelas didorong oleh: Pesatnya perkembangan computing power, storage dan Internet. Apple Computer, seingat saya, dulunya tidak pernah menjual Mac di bawah harga US$3,000 (karena dari dulu mau beli, tapi gak bisa... kemahalan). Sekarang: iMac 20 inch, Intel Core Duo dilego seharga US$1,300. Dengan software Aperture, maka photo editing menjadi lebih asyik.

Saya melihat bahwa perkembangan komunitas ini akan semakin banyak dengan ikatan di antara mereka yang sangat kuat. Feedback yang real time dari kedua pihak ini sesungguhnya dapat dimanfaatkan oleh para marketer untuk memberikan solusi yang benar-benar diinginkan oleh publik.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home