equest72 Blog

Friday, January 26, 2007

GoogleTube

It's nice to have Saturday. As a promise to myself, I will blog at least once a week (and that leaves Saturday or Sunday).


Saat ini lagi ramai2 nya user-generated-content, yaitu sebuah layanan dimana content-content nya tidak diisi oleh operator, tetapi oleh pengunanya sendiri. Kemudian, entah dari mana, muncul istilah Web 2.0. YouTube adalah salah satu yang pertama di antaranya. Tanpa business plan, tanpa target pendapatan, Chad Hurley dan rekannya mendirikan YouTube menggunakan dana seadanya pada Februari 2005. Tanpa disangka, YouTube mendapat respons yang sangat positif, ditandai dengan trafik hingga mencapai 70 juta video served everyday. Dalam website nya, YouTube dengan jelas menamakan dirinya sebagai: a consumer media company.


Kemudian masuklah Google pada 14 Novembr 2006, membeli YouTube seharga 1,65 Miliar Dollar Amerika (whew!), dalam bentuk saham. Untuk sebuah perusahaan yang tidak menghasilkan uang, ini sangat mengejutkan. Valuasi perusahaan Google yang mencapai 150 Miliar Dollar (it's over price, actually... but I will not talk about it today). Tanggal inilah dikenal dengan kelahiran Web versi 2.0. Salah satu alasan mengapa Google tertarik -argumen saya- adalah karena trafik yang luar biasa banyaknya. Ini adalah efek dari The Long Tail, dimana content tidak lagi disaring oleh editor resmi seperti koran, tetapi oleh publik.


Teori Chris Anderson, dalam bukunya The Long Tail mensyaratkan content harus tersedia mulai dari yang paling populer (mainstream) hingga yang paling tidak populer (niche). Era ini dikenal juga dengan Recommendation Age, alih-alih Information Age. Hanya saja, seperti dalam teori The Long Tail, diperlukan mesin pencari yang handal, sehingga content dengan mudah bisa dicari dan didapatkan (niche market memerlukan tools ini) dan Google sangat berpengalaman tentang hal ini.


Untuk saat ini, mari kita pantau terus fenomena perkembangan Web 2.0 ini.

Salam liburan!

Labels: ,

0 Comments:

Post a Comment

<< Home