equest72 Blog

Saturday, August 18, 2007

Wish Upon A Star

Pernah meliht bintang jatuh? Kemarin Kamis, untuk yang ketiga kalinya saya melihat, di Jakarta pula. Cukup aneh... tapi, baca berita di koran bahwa dalam waktu-waktu ini ada hujan meteor (dilaporkan telah terlihat di Jawa Tengah) maka wajar-wajar saja.

Kemarin, sebenarnya ada 3 bintang jatuh, tapi hanya satu yang saya sempat abadikan; itu pun menggunakan kamera handphone karena engga bawa Nikon. Hehehehe...

Tau lah kualitas dari kamera di handphone... gak gitu bagus. Makanya saya edit dikit dengan Adobe Lightroom hanya untuk manipulasi toning, bukan perubahan gambar.

Mengapa orang-orang bilang kalau lihat bintang jatuh (sebenar nya itu meteor), kita harus mengucapkan keinginan? Karena pada umumnya, peristiwa bintang jatuh jarang terjadi. Jadi, hampir dikatakan keberuntungan yang benar-benar beruntung untuk melihatnya. Jadi, karena momen ini demikian sukar dicari, muncullah istilah "Wish upon a star".

Saya pertama kali melihat fenomena ini pada sekitar tahun 1997 di Pulau Selayar, Sulawesi Selatan and I made a wish. And you know what? I got what I wished...! Ceritanya, saya baru balik dari Pulau Tanah Jampea, Sulawesi Selatan (sok, liat dipeta sana) dan tiba di Pulau Selayar menjelang subuh. Setelah masuk di penginapan, karena panas di kamar (gak ada AC), saya jalan-jalan ke pantai. Sekitar jam 5 pagi waktu itu, kemudian saya liat ada garis cahaya di langit, saya pikir tadinya pesawat terbang... tapi setelah diperhatikan dengan baik: ini pasti bintang jatuh.

Yang kedua adalah waktu di Denpasar, pas lagi berenang di Hard Rock Hotel agak sorean... saya melihat lagi bintang jatuh. Pada awalnya saya menduga ini adalah pesawat jet internasional, karena mengeluarkan asal di ekor nya. Tapi, setelah diperhatikan dengan seksama: keliatannya bukan. Untuk membuktikannya, saya foto dengan zoom 200 mm pakai Nikon saya, dengan format Nikon Electronic Format (NEF) yang adalah format raw untuk Nikon. Setelah dimasukkin ke dalam Adobe, hasilnya terlihat: bintang jatuh. Jadi, saya made a wish pada saat itu.


Jadi, pada saat saya melihat bintang jatuh kemarin: saya made a wish lagi..

(Pls jgn salah sangka, bhw dg make a wish, then we do not believe in God; I am not an atheist)

Labels:

1 Comments:

Post a Comment

<< Home