equest72 Blog

Tuesday, October 17, 2006

Paypal, akhirnya!

PayPal akhirnya membuka pintu untuk Indonesia. Seorang teman, tadi malam baru saja mengirim chat via Yahoo!Messenger dan memberi tahu bahwa PayPal sudah memiliki layanan untuk Indonesia. Namun kemampuannya baru terbatas untuk mengirim saja.



Apa itu PayPal? PayPal adalah metode pembayaran dengan sistim peer-to-peer (P2P) sebagai opposite dari sistim yang tersentral via Bank. Saat ini, dengan maraknya perdagangan P2P, ditemui kesulitan sistim pembayaran untuk komunitas P2P karena si penjual biasanya adalah perorangan yang tidak memiliki sistim pembayaran seperti merchant besar (misal memiliki account di Visa untuk menerima pembayaran via Kartu Kredit Visa).

Dengan PayPal, maka pembayaran dapat dilakukan dengan cara membuka akun di PayPal kemudian mengisi akun tersebut dengan sejumlah deposit. Pengisian deposit dapat dilakukan dengan menggunakan kartu kredit atau transfer uang kontan ke akun yang ditunjuk oleh PayPal. Saat kita hendak melakukan pembayaran, kita dapat melakukannya dengan menggunakan email via PayPal yang kemudian akan melakukan debit-kredit dari akun kita ke akun si penerima. Si penerima pembayaran tidak mengetahui nomor kartu kredit kita, sehingga nomor kartu kredit akan aman.

PayPal sudah dibeli oleh eBay, penyedia P2P e-auction senilai 1,5 Milyar Dollar... fuiih..! Dan btw, eBay sudah membeli: PayPal dan Skype. In my humble opinion, kolaborasi eBay+PayPal+Skpe ini adalah wujud dari Long Tail economics.

2 Comments:

  • Jika kita bandingkan dgn e-Gold ..dari sisi kepraktisan dan keamanan jauh lebih baik yg mana ? -mungki-

    By Anonymous Anonymous, at 7:17 PM  

  • Kurang paham e-Gold... tapi selama ini biasanya beli buku di Amazon pakai kartu kredit, nah dg PayPal kita cukup pake account PayPal kita. Data kartu kredit disimpan di PayPal. Dan dulu itu, agak susah untuk ikutan bidding di eBay, skrg lebih mudah deh.

    By Blogger Erik, at 7:31 PM  

Post a Comment

<< Home