equest72 Blog

Wednesday, October 04, 2006

Apa itu kaya? (Bag. 1)

Apa yang dimaksud dengan kaya? Punya uang 1 miliar? 2 miliar? Prof. Thomas Stanley dalam bukunya (The Millionaire Next Door, The Millionaire Mind) mempunya definisi yang paling bagus dan menjadi acuan saya.

Pak Tommy (demikian nama kecilnya) mendefinisikan kaya secara kualitatif sebagai berikut:

"Kemampuan untuk hidup tanpa bekerja sama sekali (tanpa penghasilan dari bekerja) selama minimal 10 (sepuluh) tahun"



Asumsi umum mendefinisikan High Net-worth Individual (HNI) sebagai seseorang yang memiliki kekayaan bersih sebesar US$ 1 juta.

Menurut hasil penelitian Pak Tommy, di Amerika sendiri, hanya kurang dari 5% rumah tangga yang masuk kategori kaya. Hukum Vilfredo Pareto (80/20), tampaknya tidak terlalu tepat... lebih tepat dengan distribusi Long Tail, dimana sebagian kecil (less than 10%) menguasai 90%. Namun, Pak Tommy juga menemukan High Income Generator yang tidak kaya. Mengapa? Karena hidupnya demikian boros, sehingga kekayaan yang dikumpulkannya tidak akan bertahan 10 tahun, bila orang tersebut pensiun.

Pendapat saya? US$ 1 million, memang achievable (bahkan untuk orang Indonesia).

2 Comments:

  • kalau definisi kaya seperti itu ... gimana dgn orang yang hidup dihutan sono! die nggak usah kerja tingal cari buah2 udah makan bisa hidup 50-60 thn ... bertentangan sekali akhirnya dengan kesimpulan si tommy kaya harus punya persediaan uang yang banyak dengan .. rumus-rumus matematika lagi ... gimana sih!

    By Anonymous Anonymous, at 12:09 AM  

  • well, mungkin kamu mau tinggal di hutan?

    By Anonymous Anonymous, at 6:29 PM  

Post a Comment

<< Home