equest72 Blog

Friday, April 20, 2007

The Long Tail dalam skala mikro

Iseng-iseng, saya membuat kompilasi statistik atas lagu-lagu yang ada di iPod Mini saya... hasilnya: ternyata efek The Long Tail! (lihat gambar)

Saya sudah memakai iPod Mini, kapasitas 4 GB sejak sekitar setahun lalu. Dengan jumlah lagu sebanyak 196 buah dan kapasitas yang digunakan baru sekitar 1 GB. Dari statistik terlihat bahwa kebanyakan dari lagu yang ada di dalam iPod saya, jarang atau hampir tidak pernah saya dengarkan... hehehe. Ini sejalan dengan teori The Long Tail oleh Chris Anderson.

Mengapa hal ini terjadi? Dorongan teknologi, dimana harga per GigaByte terus turun (dengan walkman, sangat tidak mungkin untuk membawa 196 lagu), kemudian dorongan tools (yaitu iTune, untuk konversi CD ke MP3). Yang menarik, lagu yang menduduki peringkat di atas ternyata bukan lagu yang lebih dahulu ada di dalam iPod saya, tetapi lagu yang belakangan saya upload...

Statistik dalam iPod Mini ini membuktikan The Long Tail pun terjadi dalam skala mikro... saya akan coba untuk melihat efek The Long Tail dalam skala makro dalam kesempatan blog berikutnya.

Blog yang berhubungan:
The Long Tail

Labels:

1 Comments:

  • Interesting Point of View... for some people the need of IPod is not the size but the freshness of content.

    By Blogger Anton Pramono, at 9:46 PM  

Post a Comment

<< Home